BEHAVIORISME
Nama : Multi Lativa Putri
NIM : 2210321012
Hari/tanggal : Senin/21 Oktober 2022
Dosen Pengampu :
• Mafaza, Msc
• Amatul Firdausa Nasa, M.Psi., Psikolog
• Diny Amenike, M.Psi., Psikologi
- Recency principle. Jika suatu stimulus baru saja menimbulkan respons, maka kemungkinan stimulus itu untuk menimbulkan respons yang sama akan lebih besar dari pada jika umpan diberi setelah lama berselang.
- Frequency principle. Apabila suatu stimulus dibuat lebih sering menimbulkan respons, maka kemungkinan stimulus itu akan menimbulkan respons yang sama pada waktu yang lain akan lebih besar.
- Menekankan respon terkondisi sebagai elemen pembangun pelaku. Kondisi ini adalah lingkungan eksternal yang hadir di kehidupan. Perilaku muncul dari kondisi yang mengelilingi manusia.
- Perilaku dipelajari sebagai konsekuensi dari pengaruh lingkungan.
- Manusia dan hewan itu sama, jadi mempelajari perilaku hewan dapat digunakan untuk menjelaskan perilaku manusia.
- Berusaha menjelaskan fenomena fisik berdasarkan asosialisme dan materialisme. Sechenov tidak mengakui pikiran mempengaruhi perilaku manusia. Menurut Sechenov perilaku dipicu stimulasi eksternal dan dihasilkan dari proses fisiologis di otak.
- Pentingnya inhibisi yaitu menjelaskan manusia yang sengaja mengontrol perilaku yang bersifat refleks.
- Tidak mengakui metode analisis introspektif dalam memahami fenomena psikologi. Menurut Sechenov metode fisiologi menjadikan psikologi ilmu yang positif dan ilmiah
- Setuju dengan Sechenov bahwa psikologi harus dipelajari dengan fisiologi
- Refleks yang dipelajari dan tidak dipelajari. Ini adalah respon makhluk hidup terhadap lingkungannya. Refleks yang tidak dipelajari merupakan bawaan lahir dan dipicu stimulus yang tidak dipelajari. Refleks dipelajari bukan fungsi fisiologi yang alami, melainkan stimulus yang netral secara biologis yang kemudian mengembangkan kemampuannya untuk menghasilkan respon yang sama dengan refleks yang tidak dipelajari.
- Mengklaim bahwa ia menemukan mekanisme fisiologis yang menjelaskan asosiasinisme.
- Mendirikan laboratorium psikologi eksperimen pertama di rusia
- Refleksology yaitu ilmu yang mencoba memahami hubungan pengaruh lingkungan dengan perilaku yang tampak.
- Mempelajari hubungan stimulasi lingkungan dan perilaku manusia
- Mengkritik Pavlov mengenai refleks. Menurut Bechterev, metode Pavlov sulit dilakukan pada manusia serta sulit diukur secara akurat.
- Stimulus
- Reaksi internal
- Reaksi eksternal.
Keesokan harinya, ketika Albert mengalami situasi yang sama, dia merespons dengan cara yang sama, tetapi kali ini dia menangis. Eksperimen ini dihentikan selama seminggu agar tidak mengganggu Albert. Setelah seminggu, Albert diperlihatkan tikus putih sekali lagi, tetapi kali ini, dia merespons secara berbeda, mengatakan bahwa dia tidak lagi tertarik pada tikus itu dan mungkin harus menjaga jarak. Studi Watson menunjukkan cukup banyak tentang bagaimana pengalaman dapat mengubah rangsangan yang memunculkan reaksi emosional.
8. Peter dan Kelinci
Watson dan Jones memutuskan untuk mencoba counter conditioning pada Peter. Suatu hari ketika Peter sedang makan siang, seekor kelinci dalam kandang kawat dipajang cukup jauh darinya sehingga Peter tidak diganggu. Setiap hari mereka memindahkan kelinci sedikit lebih dekat ke Peter sampai suatu hari kelinci itu duduk di samping Peter saat dia makan. Akhirnya, Peter bisa makan dengan satu tangan dan bermain dengan kelinci menggunakan tangan lainnya. Hasilnya digeneralisasikan dan sebagian besar ketakutan lain Peter juga hilang atau berkurang. Pada tahun 1924 Jones mempublikasikan hasil penelitiannya dengan Peter, dan pada tahun 1974 dia menerbitkan lebih banyak rincian seputar penelitiannya tersebut yang diberi nama terapi perilaku.
9. Pengasuhan anak
Watson memutuskan untuk membagikan pemikirannya tentang anak kepada publik dengan menulis Perawatan Psikologis Bayi dan Anak (1928), yang didedikasikan untuk "Ibu pertama yang membesarkan anak dengan bahagia", dengan bantuan istrinya Rosalie Rayner Watson. Disana saran Watson dan Rosalie (1928) adalah perlakukanlah anak-anak sebagai orang dewasa kecil. Pada tahun 1935 Rosalie Watson meninggal mendadak karena pneumonia pada usia 35 tahun. Watson sangat terpukul dan juga merupakan situasi berat bagi anak-anak mereka. Dan James mencatat bahwa banyak orang yang tidak dibesarkan oleh behavioris akan mengalami depresi.
10. Pendidikan seks
Watson sangat berpengetahuan tentang pendidikan seks dan percaya bahwa penting bagi anak-anak untuk menerima informasi yang akurat dan tidak bias tentang seks. Watson bahkan mengungkapkan rasa terima kasih kepada Freud karena telah memecahkan mitos dan rahasia seksual. Satu-satunya orang yang membahas buku Watson tentang pengasuhan anak adalah Bertrand Russell. Meskipun Russell percaya bahwa penekanan Watson pada lingkungan berlebihan dan bahwa Watson telah bertindak terlalu jauh dengan melarang pelukan dan ciuman, tetapi dia memuji karya Watson dengan sudut pandang liberal. Namun, kebanyakan psikolog tidak terkesan dengan hal tersebut.
11. Behaviorisme dan kehidupan yang baik
Watson selalu menerapkan psikologi pada dirinya dan anak-anaknya karena dia yakin bahwa psikologi bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Watson, agar memiliki ilmu pengetahuan, kedua jenis kelamin perlu menyadari dasar-dasar perilaku mereka sendiri. Menurut Watson, mendorong anak untuk menjalani gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk membuat hidup lebih bersemangat. Watson memikirkan betapa menyenangkannya jika setiap orang mengajak semua anak dan orang lain untuk hidup sehat.
12. Behaviorisme dalam belajar
Menurut Watson, mampu mengasosiasikan waktu sangat penting untuk mengkondisikan diri sendiri karena melakukan sebaliknya dapat menyebabkan konflik. Respon dalam lingkungan belajar akan lebih baik jika kita belajar dalam kelompok. Pengaturan yang mendorong belajar dan Kurangnya rangsangan juga berdampak pada seberapa serius siswa mengikuti pembelajaran selama perkuliahan.
13. The mind - body problem
• Pikiran dapat memengaruhi kondisi tubuh, dan kondisi tubuh dapat mempengaruhi pikiran.
• Paralelisme psikofisik, tindakan mental dengan tindakan fisik berhubungan secara paralel tanpa berinteraksi.
• Ephiphrnomenalism, tindakan fisik dapat mempengaruhi tindakan mental, namun tindakan mental tidak dapat mempengaruhi tindakan fisik.
• Phisycal monism (materalism), menolak adanya tindakan mental.
14. Pengaruh Watson terhadap masa sekarang
b. Menunjukkan perilaku sebagai fokus dari psikologi
• Watson menolak adanya peristiwa yang terjadi secara kognitif
• Radical behaviourism adalah keyakinan bahwa perilaku tidak dapat dijelaskan oleh peristiwa yang tidak diamati
• Behaviorisme metodologis menekankan bahwa kejadian dapat diverifikasi dengan memeriksa perilaku yang tampak
• Watson adalah pemain kunci dalam sejarah psikologi pada pergantian abad.
William McDougall lahir pada 22 Juni 1871 di Lancashure, Inggris. , McDougall masuk ke Universitas Manchester ketika dia baru berusia 15 tahun. Ia mendapatkan gelar kedokterannya pada usia 26 tahun dan melanjutkan studinya tentang psikologi eksperimental dibawah bimbingan George Elias Muller. McDougall menganggap dirinya murid William James dan sangat tertarik dengan tulisan James tentang usahanya untuk belajar psikologi. Dia mengajar psikologi eksperimental di University College London setelah kembali dari Jerman. Sementara di University College, ia berperan mendirikan British Psychology Society dan British Journal of Psychology.
1. Purposive behavior
• Perilaku bersifat spontan dan tidak perlu dipicu oleh stimulus
•Perilaku purposif dapat bertahan dalam waktu yang relatif lama jika tidak ada rangsangan lingkungan
• Perilaku yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut bervariasi.
• Perilaku purposif berakhir ketika tujuan tercapai. Perilaku purposif menjadi lebih efektif dengan latihan.
• Aspek perilaku yang tidak berguna secara bertahap akan dieliminasi.
2. The importance of instincs
• Naluri sebagai sebuah disposisi psikofisik bawaan atau bawaan yang menentukan seseorang dalam memperhatikan objek tertentu, mengalami emosional dari kualitas tertentu setelah mempersepsikan suatu objek, hingga cara bertindak
• Meskipun McDougall memandang naluri sebagai motif utama, kebanyakan perilaku sosial manusia diatur oleh sentimen, atau konfigurasi kecenderungan instingtual.
• Sebagian besar perilaku manusia, tidak peduli betapa rumitnya, pada akhirnya bersifat naluriah.
3. The battle of behaviorisme
McDougall mengatakan bahwa naluri adalah motivasi terbesar atas perilaku seluruh animalia, termasuk manusia. Sedangkan, Watson mengatakan bahwa naluri tidak ada pada tingkat animalia dan bahwa psikologi harus melepaskan diri dari istilah insting. Watson menolak pentingnya penguatan dalam pembelajaran, dimana pembelajaran dapat dijelaskan melalui prinsip-prinsip asosiatif, yaitu contiguity, frequency, dan recency. Bagi McDougall, kebiasaan berpikir dan perilaku akan membantu naluri; mereka akan terbentuk karena naluri mereka terpenuhi. McDougall percaya bahwa penguatan dalam bentuk pengurangan merupakan aspek penting dari proses pembelajaran.
Neobehaviorism
• Teori yang digunakan harus sesuai dengan Positivisme Logis.
• Semua istilah teoretis harus didefinisikan secara operasional.
• Penelitian pada hewan dilakukan jika pengendaliannya lebih mudah daripada manusia, tidak melibatkan proses persepsi dan pembelajaran yang kompleks.
• Proses belajar menerapkan sesuatu sangat penting karena membantu penyesuaian pada manusia.
b. Laten Learning : Pembelajaran laten adalah pembelajaran yang meniadakan penghargaan atau hukuman.
c. Vicarious Trial and Error : Tolman memperhatikan ciri-ciri tikus yang bingung (sebuah labirin), sehingga ia dapat menggunakannya sebagai pendukung untuk menafsirkan teori belajarnya
d. Six Kinds of Learning
- Cathexes Cathexis yaitu preferensi belajar untuk berhubungan dengan objek dan drive state tertentu.
- Equivalence Beliefs yaitu saat sebuah sub-goal mempunyai pengaruh yang sejenis dengan goals/tujuan utama.
- Field-Cognition Modes yaitu taktik dan pendekatan belajar untuk situasi pemecahan masalah.
- Drive Discrimination mengarah pada fakta organisme bisa menentukan status drive mereka sendiri.
- Motor Patterns yaitu pembelajaran terkait ide asosiasi bukan terkait ide prilaku.
Pengaruh Tolman : Penelitian-penelitian Tolman membawa dampak yang besar, diantaranya: Membantu pelestarian dan pembentukan tradisi psikologi kognitif Mempertahankan neo-behaviorisme yang saat itu hampir dikalahkan ascendancy behaviorism.
2. Clark Leonard Hull
Hull menyatakan kegunaan tingkah laku bermanfaat untuk menjaga sebuah organisme tetap hidup. Bersama para muridnya, beliau memunculkan teori melalui modifikasi teori belajar yaitu: Hull mengkaji penelitian yang telah dipelajari Hull meringkas hasil penelitian tersebut ke dalam bentuk pernyataan-pernyataan umum atau postulat Hull menarik kesimpulan teorema yang menghasilkan proposisi teruji
• Penguatan (Reinforcement) Penguatan dibagi dalam 2 yaitu drive reduction dan habit strength.
• Reaction Potential (Potensi Reaksi)
• Teori Hull secara Umum
Respondent Behaviour : Menurut Skinner, tingkah laku disebabkan dan dipengaruhi oleh variabel eksternal. Dan respon juga berperan penting dalam memutuskan suatu tindakan. Perilaku dikontrol melalui interaksi antara stimulus-respon. Pembentukan tingkah laku dapat dilakukan melalui 4 pendekatan yaitu melalui jadwal penguatan atau yang biasa disebut scehedules of reinforcement, Pembentukan (Shaping), Modifikasi tingkah laku (behavior modification) dan melalui Generalisasi dan Diskriminasi.
Komentar
Posting Komentar